Connection tracking mikrotik

Tutorial Connection tracking

Firewall Connection tracking pada mikrotik – setelah sebelumnya kita telah belajar Konfigurasi Firewall logging pada Router mikrotik, pada materi ini kita akan membahas cara melakukan konfigurasi Firewall tracking pada Router mikrotik.

Conection tracking merupakan fitur pada mikrotik yang mempunyai kemampuan melihat informasi koneksi yang melewati router seperti source dan destination address dan port yang digunakan, status koneksi, protokol, dll

Connection dapat dilihat pada menu IP->Firewall-> tab connection

connection tracking

Connection state merupakan status koneksi, ada 4 connection state pada mikrotik yaitu:

Established : Paket dari bagian sebuah koneksi yang telah dikenali

New : sebuah paket memulai koneksi baru atau paket milik koneksi yang belum dikenal secara dua arah

Related : paket memulai koneksi baru, tetapi dikaitkan dengan koneksi yang ada, seperti transfer data FTP atau kesalahan ICMP pesan.

Invalid : paket tersebut bukan milik koneksi yang dikenal dan, pada pada saat yang sama, tidak membuka koneksi baru yang valid.

Untracked :  paket yang diatur untuk memotong pelacakan koneksi di tabel RAW firewall.


Untuk mengurangi penggunaan resource router, maka akan dibuatkan rule firewall untuk memfilter connection state pada baris paling atas karena proses filtering selanjutnya akan dilakukan ketika koneksi dimulai (connection state = new). Rule firewall sebagai berikut

Connection state invalid – action drop

Connection state established – action accept

Connection state related – action accept

Connection state new – action passthrough

connection state

Connection state invalid

Tambahkan rule firewall pada tab filter rule

Pada bagian chain=forward dan connection state=invalid dan yang terakhir action=drop. Semua paket yang melewati router dengan connection state invalid akan ditolak oleh router.

 

Connection state established

Tambahkan rule firewall pada tab filter rule

Pada bagian chain=forward dan connection state=established dan yang terakhir action=accept. Semua paket yang melewati router dengan connection state established akan diterima oleh router.


Connection state related

Tambahkan rule firewall pada tab filter rule

Pada bagian chain=forward dan connection state= related dan yang terakhir action=accept. Semua paket yang melewati router dengan connection state related akan diterima oleh router.

Connection state new

Tambahkan rule firewall pada tab filter rule

Pada bagian chain=forward dan connection state= new dan yang terakhir action=passthrough. Semua paket yang melewati router dengan connection state new akan diproses ke rule berikutnya.


 Setelah selesai menambah rule firewall seperti pada gambar berikut:

filter rule

 Ok teman-teman terima kasih sekian materi Firewall Connection Tracking pada Router MikroTik. Selanjutunya kita akan belajar firewall SrcNAT.


 

 

0 komentar:

Posting Komentar