Konfigurasi Log mikrotik

Konfigurasi Log Pada Mikrotik

Firewall logging pada mikrotik – setelah sebelumnya kita telah belajar Konfigurasi Firewall Filter Rule pada Router mikrotik, pada materi ini kita akan membahas cara melakukan konfigurasi Firewall logging pada Router mikrotik.

Firewall logging Mikrotik yang kelihatan nya simple dan mungkin juga terlupakan akan tetapi memiliki fungsi yang cukup penting adalah fitur LOGGING. RouterOS mampu melakukan pencatatan berbagai aktivitas sistem dan informasi status router. Secara default RouterOS akan melakukan pencatatan semua aktifitas dan proses yang terjadi di router dan menyimpan catatan (Log) tersebut pada RAM. Daftar catatan (Log) bisa dilihat pada menu /log .

Log yang berada dalam menu /log ini akan hilang begitu kita restart router karena log tersebut hanya disimpan pada RAM.

Sebagai contoh firewall logging, kita akan akan membuat satu rule yang akan mencatat semua aktifitas PING  yang masuk ke router Mikrotik

Tambahkan satu rule pada firewall-filter rule pada chain = input,  sudah dijelaskan sebelumnya mengenai chain pada materi firewall, pada bagian protocol pilih protokol ICMP karena aktifitas PING menggunakan protokol ICMP.

filter icmp

kemudian pada bagian tab Action, pilih log pada action, log prefix adalah awalan yang akan ditambahkan pada pesan log. Karena setiap rule firewall yang dibuat dibaca oleh router dari atas ke bawah maka rule log pindahkan ke paling atas dengan cara drag and drop.

action log

Lakukan tes ping pada laptop teman-teman ke router mikrotik dan amati pada menu Log. Semua aktifitas akan tampil pada log ini.

log icmp

Dalam pemecahan masalah jaringan lebih efektif jika sebelumnya menganalisis log dari Router untuk mengetahui proses yang sudah terjadi . Sehingga lebih mudah dalam penyelesaian masalah dan menentukan solusi yang tepat.

Teman-teman bisa melakukan pengaturan topic apa saja yang akan dicatat  dalam log serta akan disimpan atau ditampilkan pada log.

Selain disimpan pada memory (RAM) router, log juga bisa disimpan dalam bentuk file pada storage Router, dikirim via email atau ditampilkan pada perangkat syslog server tersendiri.

Pengaturan logging dapat dilakukan pada menu “system->logging”.

 

system logging

Tab rules

Pada tab rule ini kita bisa melakukan pengaturan topic atau service apa saja yang akan kita catat dalam log. Sehingga kita bisa mengamati sebuah proses atau service secara lebih spesifik.

 

Ada banyak service didalam router kita dan dalam sebuah rules yang kita buat, kita bisa tentukan satu atau lebih topic yang akan kita catat dalam log.

Pada contoh disini kita akan membuat log dengan topic dhcp

topic dhcp


 log dhcp

Tab Action

Digunakan untuk pengaturan metode penyimpanan log.

Terdapat 5 Tipe Action yang bisa digunakan :

1. Tipe Disk

Dengan tipe ini log akan disimpan dalam bentuk teks file dan akan disimpan pada storage system Router itu sendiri . teman-teman bisa melakukan pengaturan nama file log saat disimpan pada parameter File Name. Untuk menentukan jumlah baris pada setiap log bisa di set pada parameter Lines Per file. File log bisa didownloada pada menu files

log tipe disk

2. Tipe Echo

Tipe ini log dari Router akan ditampilkan pada New Terminal

log tipe disk

3. Tipe email

 Log akan dikirimkan ke email yang sudah kita tentukan. Agar bisa berfungsi maka sebelumnya kita harus melakukan setting smtp server yang akan kita gunakan di menu /tool email

log tipe email

Seberapa sering pengiriman email akan sama dengan seberapa sering Router update log. disarankan, jangan gunakan Yahoo atau Gmail karena jika pengiriman email terlalu sering biasanya akan dianggap itu sebagai spam.

4. Tipe Memory

 Log akan disimpan di dalam RAM Router dan bisa dilihat pada menu Log

log tipe memory

5. Tipe Remote

Log akan dikirimkan ke perangkat lain yang menjalankan syslog server. Kita tinggal menunjuk mesin yang menjalankan syslog server tersebut dengan mengisikan IP Address pada remote address.

log tipe remote

Ok teman-teman terima kasih sekian materi Firewall Logging pada Router MikroTik. Selanjutunya kita akan belajar Connection Tracking.


0 komentar:

Posting Komentar