Konfigurasi IP address pada Router MikroTik

Tutorial Konfigurasi IP address pada mikrotik

Konfigurasi IP address pada mikrotik – setelah sebelumnya kita telah belajar Backup dan restore  , pada materi ini kita akan membahas cara melakukan konfigurasi IP address pada Router mikrotik.

IP address secara singkat adalah deretan angka yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk setiap computer dalam jaringan. Pengalamatan IP terbagi menjadi dua yaitu IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6(IPv6). Alamat IP ini yang digunakan computer untuk saling berkomunikasi. Seperti halnya mikrotik juga dapat diberikan IP address masing-masing ethernetnya . pada materi  ini ada beberapa hal yang perlu dicapai : 
1. Melakukan konfigurasi IP address pada Router Mikrotik
2. konfigurasi IP address pada computer
3. melakukan tes koneksi antara computer dan Router Mikrotik
Sebelum melakukan konfigurasi IP address saya akan menghapus konfigurasi default Router Mikrotik silahkan teman baca materi reset konfigurasi.
reset


Pada materi ini kita akan menggunakan topologi dibawah ini
Topologi
Konfigurasi IP address Pada Router Mikrotik
Konfigurasi IP address pada  Ethernet computer
Silahkan akses Router Teman-teman, connect to = MAC Address Router, Login = admin dan password dikosongkan setelah berhasil Login ke dalam RouterOs teman-teman dapat mengkonfigurasi IP address pada menu “IP->Addresses” klik tombol + untuk menambahkan IP address pada Router.
IP address

Isikan pada address=192.168.1.1/24 dan pada bagian interface = ether2. Pada interface disini kita sesuai dengan interface yang terhubung ke computer teman-teman. Apabila sudah silahkan klik tombol OK.

Silahkan konfigurasi alamat IP computer teman-teman
IP address Komputer
Setelah selesai melakukan konfigurasi IP address kita akan mengecek koneksi antara Router dan computer teman-teman bisa melakukan tes PING ke IP address Router pada Command Prompt / Terminal.  
Oke teman-teman terima kasih, sekian materi Konfigurasi IP address pada router Mikrotik, selanjutkan kita akan belajar konfigurasi DHCP.

0 komentar:

Posting Komentar