Mikrotik Untuk Pemula

mikrotik

Berkenalan dengan mikrotik

Mikrotik adalah perusahaan yang berlokasi di riga Latvia eropa utara yang didirikan pertama kali oleh john truly dan arnis Rieskstins. Mikrotik merupakan produsen software dan hardware router. Pada tahun 1996 john dan arnis bekerja sama membangun system RouterOS yang stabil dan fleksibel dimulai dengan menggunakan system linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi wireless LAN atau sekarang lebih dikenal dengan WLAN aeronet berkecepatan 2Mbps. Linux yang digunakan pertama kali adalah linux dengan kernel 2.2. mikrotik menjadikan teknologi internet lebih murah, cepat, handal dan terjangkau luas dengan motto “Routing the World”.

Jenis-jenis mikrotik

Mikrotik routerOS

Merupakan system operasi yang diperuntukkan sebagai router dalam network. Mikrotik routerOS merupakan system operasi yang diinstall untuk menjadikan computer biasa menjadi sebuah router yang handal hanya dengan bermodalkan USB bootingan teman-teman dapat menjadikan computer layaknya sebuah Routerboard mikrotik dengan fitur yang cukup lengkap. Untuk membuat USB Bootingan teman-teman dapat menggunakan Rufus dan sejenisnya. 

Mikrotik routerOS diinstall sebagai system operasi seperti layaknya OS windows,linux dll. File image mikrotik RouterOS dapat didownload dari website resmi mikrotik www.mikrotik.com tetapi merupakan versi trial atau percobaan yang artinya hanya dapat digunakan selama 24 jam untuk dapat menggunakannya lagi teman-teman harus membeli lisensi key untuk lisensi dapat dibeli di took-toko online dengan harga yang beragam tergantung dari level lisensi yang teman-teman beli dengan catatan satu lisensi satu harddisk.

Mikrotik RouterBoard

Merupakan build in hardware (board) yang secara pabrikan didesain oleh perusahaan mikrotik menggunakan system operasi RouterOS, tersedia mulai dari spek rendah sampai dengan spek yang tinggi. Mikrotik routerboard ini dapat langsung digunakan sebagai router dalam jaringan.  

Fitur-fitur mikrotik

RouterOS support berbagai driver perangkat diantanya: driver Ethernet, wireless card, USB mass Storege (biasa digunakan untuk menambah penyimpanan mikrotik) , USB 3G/4G modem, 

User management (DHCP, hotspot, radius, dll)

Routing (RIP,BFD, BGP, OSPF, RIPng, OSPF v3)

Firewall, NAT dan Mangle

Data management

Wireless, bridge, VLAN

Tunnel (EoIP, PPTP, L2TP, PPPoe, SSTP, OpenVPN)

Real time Tools(Torch, watchdog, mac-ping, sniffer)

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan

Fleksibilitas dalam melakukan upgrade system teman-teman dapat melakukan upgrade dan downgrade dengan mudah sesuai dengan kebutuhan teman-teman untuk filenya pun sudah lengkap dapat didownload di website mikrotik.

kemudahan dalam manajemen dan pemeliharaaan semua dokumentasi konfigurasi dapat dengan mudah dipelajari di situ wiki.mikrotik.com, harga terjangkau untuk sekarang sudah ada routerboard mikrotik dengan harga kisaran 300 ribuan yang dapat dibeli di took online, memiliki banyak fitur selayaknya router dengan dengan harga jutaan rupiah.

Kekurangan

Untuk kekurangan beberapa perangkat harus dilakukan restart terlebih dahulu agar supaya konfigurasi dapat berjalan normal

Oke teman-teman terima kasih, sekian materi pengenalan mikrotik. Selanjutunya kita akan belajar cara mengakses mikrotik .

0 komentar:

Posting Komentar