Cara Mengakses MikroTik RouterOs

Mengakses/remote mikrotik dilakukan apabila teman-teman melakukan konfigurasi pada router mikrotik pada materi ini kita akan membahas cara mengakses mikrotik 

Sebelum melakukan remote router mikrotik pertama dilakukan adalah persiapkan kabel LAN  atau connect ke wifi mikrotik routerboard.

Note “secara default configuration mikrotik routerboard melakukan blocking akses melalui ether1”

Cara Mengakses MikroTik RouterOs

Beberapa cara akses mikrotik routerboard dapat dilihat pada table berikut:

Akses via

Koneksi

Text Base

GUI

Need IP

Keyboard

Langsung ke PC

 yes

 

 

Serial Console

Konektor kabel serial

yes

 

 

Telnet & SSh

Layer 3

yes

 

yes

Winbox

Menggunakan OS windows / Linux (wine)

yes

yes

 

FTP

Layer 3

yes

 

yes

API

Socket Programming

 

 

yes

Web

Layer 3

 

yes

yes

MAC-Telnet

Layer 2

yes

 

 

Cara paling mudah dan paling banyak digunakan oleh network administrator dalam mengakses dan mengkonfigurasi MikroTik adalah dengan menggunakan winbox. 

Winbox adalah tool konfigurasi yang dapat terhubung dengan router melalui MAC atau IP address dengan tampilan GUI sehingga mempermudah teman-teman dalam melakukan konfigurasi Router Mikrotik. Teman-teman bisa download winbox melalui web www.mikrotik.com.

Pada materi ini kita dan seterusnya saya akan menggunakan Winbox dalam melakukan konfigurasi Router Mikrotik. Sebelum melakukan konfigurasi Router alangkah lebih baik kita mengenal antar muka dari Winbox yang akan digunakan.

Setiap Router dikonfigurasi secara default dengan IP 192.168.88.1/24 pada port ether1. Username default adalah admin dan tanpa password.

Cara akses/remote mikrotik menggunakan Winbox

Tampilan awal winbox sebelum melakukan Login ke router mikrotik

Cara Mengakses MikroTik RouterOs

1. Neighbors  pada tab ini akan mencari semua router Mikrotik di dalam suatu jaringan.

Note = “interface neighbors harus aktif untuk bisa terlihat pada neighbors”

2. Semua router Mikrotik yang ditemukan akan ditampilkan pada List ini, pada list ini teman-teman bisa memilih untuk terhubung melalui IP atau MAC Address dengan klik pada IP Address untuk terhubung melalui IP Address begitu juga dengan sebaliknya.

3. masukkan username pada textbox Login dan Password dari router yang akan diakses/remote.

4. klik tombol Connect untuk login ke Mikrotik, setelah berhasil login Winbox akan mendownload plugins dari router jika pertama kali terhubung ke router dengan versi saat ini. halaman utama Winbox akan ditampilkan setelah proses download plugin selesai

Beginilah tampilan winbox setelah berhasil Login, disinilah teman-teman dapat melakukan konfigurasi pada routerboard mikrotik

           

Cara Mengakses MikroTik RouterOs

Note: Jika Winbox tidak menemukan router, pastika bahwa

komputer Windows teman-teman terhubung langsung ke router dengan kabel Ethernet, Wifi atau berada dalam domain broadcast yang sama.

Karena koneksi MAC berfungsi pada Layer2, dimungkinkan untuk terhubung ke router bahkan tanpa konfigurasi alamat IP pada router. Penggunaan koneksi MAC broadcasting tidak cukup stabil untuk digunakan secara terus menerus, oleh karena itu tidak disarankan untuk menggunakan koneksi MAC Address pada jaringan yang lebih kompleks, Koneksi MAC hanya digunakan untuk konfigurasi awal router.

Cara akses/remote mikrotik menggunakan Webfig

Cara Mengakses MikroTik RouterOs

Jika teman-teman memiliki router dengan konfigurasi default, IP Address router dapat digunakan untuk terhubung ke antarmuka Web atau biasa dikenal dengan Webfig. Layar pertama yang muncul adalah QuickSet, tempat Anda dapat mengatur kata sandi dan pengaturan dasar untuk mengamankan perangkat teman-teman. Untuk pengaturan lebih lanjut, klik tombol WebFig untuk membuka mode Advanced, Interface Webfig hampir mirip dengan winbox yang dimana teman-teman dapat menemukan Menubar yang terletak diseblah kiri, teman-teman juga dapat melakukan konfigurasi mikrotik menggunakan Webfig ini.

Cara akses/remote mikrotik menggunakan CLI

Command Line Interface (CLI) memungkinkan konfigurasi router menggunakan perintah berbasis teks. Karena terdapat banyak perintah yang tersedia, sehingga dibagi menjadi beberapa kelompok yang diatur dengan cara menu hirarki. Dalam kondisi tertentu remote dan konfigurasi via GUI tidak memungkinkan dikarenakan hal-hal seperti: keterbatasan bandwidth, kebutuhan untuk running script, dll.

Remote dan konfigurasi bisa dilakukan dengan cara:

-          Telnet

-          SSH

-          Kabel serial

Cara akses/remote mikrotik menggunakan Kabel serial

Jika perangkat Anda memiliki port Serial, Anda dapat menggunakan kabel konsol

Tancapkan salah satu ujung kabel seri ke port konsol (juga dikenal sebagai port serial atau port serial asinkron DB9 RS232C) dari RouterBOARD dan ujung lainnya di PC Anda (yang diharapkan menjalankan Windows atau Linux). Anda juga dapat menggunakan adaptor USB-Serial. Jalankan program terminal (HyperTerminal, atau Putty pada Windows).

Kabel serial digunakan apabila teman-teman lupa/salah telah mendisable semua interface pada Router Mikrotik dan juga saat kita menggunakan NetInstall.


0 komentar:

Posting Komentar