Memisahkan Traffic Game Online - dikesempatan kali ini saya akan sharing cara memisahkan traffic game online ,dapat dibedakan berdasarkan protokol dan port yang digunakan menggunakan fitur mangle. sebagai penyedia layanan internet tentunya kita ingin memberikan layanan terbaik kepada seluruh client dan dapat menjalankan aktfitas streaming, browsing maupun bermain game dengan nyaman.
Daftar Isi
- Memisahkan Traffic Game Online
- Mangle Game Online
- Mangle Browsing
- Menagement Bandwidth
- Melakukan Pengujian
- Referensi dan Sumber
Masalah yang sering terjadi adalah ketika dua atau lebih akses yang berbeda berada pada satu jaringan yang sama dapat saling menganggu, misalnya pada warkop ketika banyak yang melakukan streaming youtube, browsing chating dll maka traffic game online akan terganggu atau sebaliknya. Pada materi ini kita akan belajar cara memisahkan dan melakukan manajement bandwidth untuk traffic game online dan browsing.
baca juga konfigurasi dasar mikrotik menggunakan winbox
Memisahkan Traffic Game Online
Traffic game dan browsing dapat dibedakan berdasarkan protokol dan port yang digunakan. Pada mikrotik fitur yang digunakan untuk memisahkan traffic game online adalah mangle, dimana mangle dapat digunakan untuk menandai (marking) paket berdasarkan protokol, port, src dan dst adresss dan parameter lain yang dibutuhkan.
Baca Juga : Konsep Firewall Mikrotik
Sebelum melakukan Marking Packet kita harus mengetahui protocol dan port yang digunakan game online. Terdapat dua cara untuk mendapatkan informasi tersebut yaitu:
Pertama, dengan menggunakan tools torch, pada mikrotik terdapat tools torch yang dapat digunakan untuk melihat informasi protokol, port dan dst address. Tools ini dijalankan pada saat client menlajalankan game tersebut sehingga akan didapatkan informasi port dan prototokol yang digunakan.
Kedua kita bisa mencari informasi port dan protokol yang digunakan game online dari internet, setiap game menggunakan port dan protokol yang berbeda setiap game.
Game | Protokol UDP | Protokol TCp |
Mobile Legend | - | 10003 |
PUBG | 9030, 3031 | 3013,17500 |
Mangle game online
Pembuatan mangle game dalam contoh ini saya akan menggunakan game Mobile Legend dan PUBG. Terlebih dahulu dibuatkan mark-connection untuk setiap game-game yang akan di mangle dengan marking yang sama. Konfigurasi mangle dapat dilakukan pada menu IP->firewall->Tab Mangle
Langkah diatas merupakan contoh mark-connection dengan game yang menggunakan protokol tcp port 10003, untuk game PUBG lakukan cara yang sama sesuai protokol dan port yang digunakan.
Setelah langkah mark-connection selesai selajutnya dibuatkan mark-paket berdasarkan mark-connection=koneksi-game yang telah dibuat sebelumnya. Tambahkan satu rule dengan paramater chain=forward, mark connection pilih koneksi-game dan actionnya pilih mark packet selanjutnya isikan new mark packet mark = paket-game
Mangle Browsing
Pada langkah selanjutnya adalah membuat rule mangle untuk memisahkan traffic selain game online yang didalamnya terdapat traffic browsing, streaming, email dll. Tambahkan rule untuk memisahkan traffic browsing pada menu IP->Firewall->Tab mangle. dengan paramater chain=forward yang paling penting pada bagian connection mark = no mark, tab action pilih mark connection dengan new connection mark=koneksi browsing.
Rule diatas untuk memberikan mark connection terhadap traffik browsing, email, streaming dll. Sama seperti marking pada traffic game, setelah selesai membuat mark-connection, buat mark-packet berdasarkan mark-connection=koneksi-browsing yang telah dibuat sebelumnya.
Hasil akhir dari konfigurasi mangle terdapat 6 rule mangle, sampai disini rule memisahkan traffik game online dan trafik browsing sudah selesai dapat dilihat seperti berikut
Manajement bandwidth
Pada materi ini kita akan menggunakan Queue tree untuk melakukan manajement bandwidth. . Berdasarkan mangle mark-paket yang sudah dibuat tadi, sebagai asumsi bandwidth total yang dimiliki 5 Mbps.
Baca juga tutorial queue tree dan HTB.
Langkah pertama, kita membuat queue total bandwidth yang ada terlebih dahulu, untuk download maupun upload. Tambahkan new queue tree total download dan total upload pada menu Queues.
Kemudian buat queue tree download untuk game dan browsing berdasarkan mark-paket, pada contoh ini saya menggunakan model HTB dengan bandwidth limit-at=2M dan Max-limit=5M dengan priority pada game 7 dan priority pada browsing 8 saya membedakan priority agar ketika ada bandwidth yang tersisa akan diutamakan paket game daripada paket browsing.
Buatkan juga queue tree upload untuk game dan browsingnya
Test
Dengan menggunakan model HTB traffic antara game dan browsing sudah memiliki bandwidth masing-masing sehingga jika keduanya berjalan secara bersamaan tidak saling mengganggu.
0 komentar:
Posting Komentar