Cara Reset konfigurasi Mikrotik

Cara Reset Konfigurasi MikroTik

Cara Reset Konfigurasi MikroTik – setelah sebelumnya kita telah belajar lisensi dan versi MikroTik , pada materi ini kita akan membahas cara melakukan reset konfigurasi MikroTik.


Reset konfigurasi Mikrotik diperlukan jika teman-teman lupa username dan password Mikrotik teman-teman atau ketika teman-teman ingin melakukan konfigurasi dari nol. Reset konfigurasi dapat dilakukan dengan cara :
  1. Hard reset atau lebih dikenal dengan reset secara fisik
  2. Soft reset atau reset secara software
  3. Install ulang

Hard reset

Khusus untuk routerboard memiliki tombol reset atau rangkaian untuk reset pada board dengan cara menjumper sambil menyalakan routerboard.

Reset konfigurasi dengan tombol reset 

Seperti pada gambar dapat dilihat terdapat tombol reset. Teman-teman dapat menggunakan pentul atau semacamnya untuk menekan tombol reset tersebut.


tombol reset


1. Lepaskan kabel power Mikrotik dari sumber listrik
2. Tekan dan tahan tombol reset sambil menghubungkan kabel power mikrotik ke sumber listrik
              Tahan tombol 5-10 detik (LED mulai berkedip-kedip)
3. Lepaskan tombol reset untuk membersihkan konfigurasi
              Jika teman-teman menunggu sampai LED berhenti berkedip, dan baru kemudian melepaskan tombol reset ini akan meluncurkan mode Netinstall, untuk menginstal ulang RouterOS.

Reset konfigurasi dengan menjumper

Semua model RouterBOARD saat ini juga dilengkapi dengan lubang jumper reset. Beberapa perangkat mungkin perlu membuka penutup, RB750 / RB951 / RB751 memiliki lubang jumper di bawah salah satu kaki karet penutup.
reset jumperreset jumper


reset jumper
Jangan lupa untuk melepas jumper setelah konfigurasi telah berhasil direset, atau itu akan direset setiap kali teman-teman reboot MikroTik.

Soft reset

Jika teman masih bisa masuk kedalam system Mikrotik, soft reset dapat dilakukan dengan menjalakan perintah “/system reset-configuration” pada CLI, atau teman bisa menggunakan Winbox untuk melakukan soft reset.


CLI reset

GUI Reset

Terdapat beberapa pilihan
Keep User Configuration : menyimpan user router, password dan ssh host key

CAPS Mode : mengaktifkan mode CAPs
No Default Configuration : menghapus konfigurasi default
Do Not Backup: tidak melakukan backup otomatis sebelum reset
Run After Reset : menentukan nama file untuk dijalankan setelah reset


Oke teman-teman terima kasih, sekian materi Reset Konfigurasi. Selanjutunya kita akan belajar Router Identity dan User Login Management.


0 komentar:

Posting Komentar